KEGIATAN HUT PGRI KE-78 DAN PERINGATAN HARI GURU NASIONAL

PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sugiyanto   
Selasa, 14 November 2023 04:17

 

Susukan Kab. Semarang - Pada hari Selasa tanggal 14 November 2023 di MTsN Semarang mengadakan kegiatan HUT PGRI ke-78 tahun dan peringatan hari guru Nasional. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh sekolahan/Madrasah baik negeri maupun swasta di lingkungan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Kegiatan peringatan hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-78 diisi dengan berbagai kegiatan Olah Raga, Pidato Bahasa Jawa, Tari, dan Fashion Show Kebaya. Acara dibuka dengan apel pagi oleh sekretaris PGRI  Kab. Semarang Bapak Eko Lesmono,S.Pd, M.Pd dilanjutkan dengan jalan santai sekitar wilayah Kecamatan Susukan Kab. Semarang.

Dalam acara apel Eko Lesmono,S.Pd, M.Pd menuturkan, Sejarah Indonesia mencatat peran guru dalam pembangunan sumber daya manusia dimulai dalam kurun waktu pra kemerdekaan, pasca kemerdekaan dan hingga saat ini, begitu penting. Guru menjadi salah satu pilar dalam kemajuan sebuah bangsa, yang berlaku juga bagi bangsa Indonesia. Untuk menghargai peran guru inilah Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden nomor 78 tahun 1994 menetapkan tanggal 25 November, hari kelahiran PGRI, sebagai Hari Guru Nasional, yang kemudian dimantapkan melalui Undang- Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Sebagai bentuk penghormatan kepada Guru dan PGRI sejak tahun 1994 setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun PGRI secara bersama-sama.


Pada tanggal 25 November 2023, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) genap berusia 78 tahun. Sebagai organisasi guru tertua di Indonesia, diusianya saat ini dapat dinilai sebagai usia yang cukup matang dan dewasa, bagi perjalanan sebuah organisasi. Konstelasi sejarah dan perjuangan PGRI dalam kurun waktu tersebut, telah berhasil meningkatkan capaian kesejahteraan guru, upaya perlindungan, dan advokasi, peningkatan kompetensi, dukungan pengembangan karier, penyelesaian masalah guru dan pendidikan. Sebagai organisasi profesi PGRI juga selalu dihadapkan pada tantangan bidang pendidikan. Salah satunya dalam implementasi kebijakan merdeka belajar. Untuk mendukung semua itu berbagai kerjasama dengan berbagai pihak terkait sebagai wujud kolaborasi, dan kegiatan kemanusiaan juga telah berhasil diwujudkan.

PGRI Kecamatan Susukan dalam rangka Peringatan HUT ke-78 PGRI dan HGN Tahun 2023, akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan di berbagai jenjang selama bulan September s.d. Desember 2023. Rangkaian kegiatan antara lain Apel Peringatan HUT Ke-78 PGRI dan HGN Tahun 2023, lomba, dan Acara Puncak Peringatan HUT Ke-78 PGRI dan HGN Tahun 2023

Melalui berbagai kegiatan tersebut di atas, diharapkan mampu menghidupkan nilai-nilai keorganisasian PGRI yang dijunjung tinggi. Pada tahapan berikutnya nilai-nilai keorganisasian PGRI ini akan dapat semakin memperkokoh landasan profesionalitas para guru. Mampu menjadikan PGRI sebagai organisasi profesi guru yang bermartabat dan kuat, yang mampu membangun soliditas, solidaritas dan kesetiakawanan anggota. Hal yang tak kalah penting lainnya adalah agar juga mampu membawa api semangat perubahan yang lebih positif dan konstruktif dalam organisasi, sekaligus mampu mensinergikan semua pihak dalam rangka untuk semakin memuliakan guru dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Selamat hari PGRI dan hari guru…. "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar".


 

Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 14 November 2023 06:03 )
 
joomla templateinternet security reviews

Kalender

May 2024
MTWTFSS
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031 

Waktu Sekarang

Polling

Bagaimana sistem pendidikan di MTsN Susukan