Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023

PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sugiyanto   
Rabu, 25 Oktober 2023 04:30

 

Hari Santri Nasioanal (HSN) di peringati setiap tanggal 22 Oktober yang telah ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Peringatan ini merupakan bentuk penghormatan terhadap peran santri dalam mempertahankan kemerdekaan sekaligus mendorong santri di masa sekarang untuk tetap berkontribusi pada negara. Pada tahun ini, peringatan hari santri nasional dilaksanakan pada hari Sabtu 21 Oktober 2023 dengan agenda : Jam 07.30- selesai melakukan upacara bendera di lapangan Kec. Susukan Kab. Semarang.

Secara kebetulan tahun ini MTsN Semarang mendapat tugas dan ditunjuk oleh kantor Kecamatan Susukan untuk menjadi panitia utama pada kegiatan upacara hari santri tahun 2023. Upacara hari santri dikuti perwakilan dari Kantor kecamatan, kantor KAU kecamatan Susukan, MI, MTs, MAN sekitar wilayah Kecamatan Susukan, para santri santriawan pondok Susukan dan organisasi masa kemasyarakatan wilayah Susukan Kab. Semarang.

Peringatan Hari Santri Nasional 2023 akan mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Tema ini menggambarkan bahwa santri punya peran penting dalam memajukan Indonesia.


Bapak KH. Adib Maesur selaku pembina upacara mengungkapkan bahwa tema ini mengajak para santri untuk ikut melakukan jihad intelektual sebagai bagian dari perjuangan untuk mewujudkan Indonesia berjaya. Jihad intelektual sendiri adalah perang untuk melawan kebodohan dan ketertinggalan dengan buku dan ilmu pengetahuan sebagai senjatanya.

KH. Adib Maesur menambahkan bahwa, Jihad intelektual pun dirasa lebih relevan pada era transformasi digital seperti sekarang. Jihad pun tak hanya dalam hal pendidikan, tapi juga di bidang-bidang lainnya. Di bidang ekonomi misalnya, santri diharapkan bisa menjadi garda terdepan dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat dengan cara mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

Rangkaian kegiatan setelah upacara hari santri nasional yaitu pertunjukan paduan suara oleh peserta didik Boarding MTsN Semarang, , kerawitan & wayang Kulit oleh peserta didik MTsN Semarang, pencak silat, pertunjukkan drumband dari berbagai Madrasah tingkat MI, MTs dan MA wilayah sekecamatan Susukan Kab. Semarang.


Acara puncak ditutup dengan pengajian akbar oleh Dr. KH. Reza Ahmad Zahid, Lc, MA dari Jawa Timur dimulai pada jam 13.00 WIB yang di hadiri oleh seluruh jamaah pondok dan masyarakat sekitar kecamatan Susukan.

 

Terakhir Diperbaharui ( Rabu, 25 Oktober 2023 04:58 )
 
joomla templateinternet security reviews

Kalender

July 2024
MTWTFSS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031 

Waktu Sekarang

Polling

Bagaimana sistem pendidikan di MTsN Susukan