BEBRAS Computational Thinking 2021

PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Sabtu, 13 November 2021 00:43

 

 

Secara harfiah, “Bebras” adalah kata dalam bahasa Lithuania, yang berarti “berang-berang” dalam bahasa Indonesia. Prof. Valentina Dagiene dari Universitas Vilnius, Lithuania adalah yang mencetuskan gagasan Bebras Computational Thinking Challenge, yang saat ini diikuti oleh lebih dari 55 negara di dunia.

Bebras adalah sebuah inisiatif internasional yang tujuannya adalah untuk mempromosikan Computational Thinking (Berpikir dengan landasan Komputasi atau Informatika), di kalangan guru dan murid mulai tingkat SD, serta untuk masyarakat luas.

Cara untuk promosi adalah dengan menyelenggarakan kegiatan kompetisi secara daring (on line), yang disebut sebagai “Tantangan Bebras”. Tantangan Bebras bukan hanya sekedar untuk menang. Selain untuk berlomba, tantangan Bebras juga bertujuan agar siswa belajar Computational Thinking selama maupun setelah lomba.

Di Indonesia, kompetisi dapat dilaksanakan di sekolah yang mempunyai cukup komputer, atau di universitas pembina.

Selama Kompetisi, siswa harus memberikan solusi untuk persoalan yang disebut “Soal Bebras”. Soal-soal yang bertema komputasi/informatika ini dirancang semenarik mungkin, dan seharusnya dapat dijawab oleh siswa tanpa pengetahuan sebelumnya tentang komputasi atau informatika.

Hampir semua aspek kehidupan sehari-hari diselesaikan dengan bantuan komputer. Oleh sebab itu, computational thinking menjadi salah satu elemen problem solving yang perlu diasah.

Setiap soal Bebras mengandung aspek komputasi atau informatika dan dimaksudkan untuk menguji bakat peserta untuk berpikir komputasi atau informatika. Untuk menjawab soal-soal Bebras, secara alamiah, siswa dituntut untuk berpikir terkait dengan informasi, struktur diskrit, komputasi, pengolahan data, serta harus menggunakan konsep algoritmik.

Pada tahun 2016, Indonesia bergabung dalam komunitas bebras, dengan menyambut undangan Prof Valentina Dagiene, dengan menghadiri workshop international Bebras di Bodrum, Turki pada bulan Mei 2016 yang diwakili oleh ibu Inggriani sebagai Pembina TOKI Nasional. Status Indonesia saat ini adalah : Observer (bisa dilihat di bebras.org). Sesuai dengan statute Bebras, Indonesia harus menjadi observer selama 2 tahun dan mengikuti kegiatan, sebelum resmi menjadi NBO (National Bebras organization). Saat ini Indonesia sudah diizinkan, bahkan disarankan mulai mengadakan Bebras Challenge pada Bebras Week 2016.

Yang dilombakan dalam tantangan Bebras adalah sekumpulan soal yang disebut Bebras task. Bebras task disajikan dalam bentuk uraian persoalan yang dilengkapi dengan gambar yang menarik, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami soal. Soal-soal tersebut dapat dijawab tanpa perlu belajar informatika terlebih dahulu, tapi soal tersebut sebetulnya terkait pada konsep tertentu dalam informatika dan computational thinking.

Bebras task diberikan berdasarkan kelompok umur siswa, terdapat beberapa kelompok umur. Mengacu pada kegiatan pada tahun 2020, Untuk tahun 2021 Tantangan Bebras Indonesia 2021 diadakan untuk tiga kategori:

Siaga, untuk siswa SD : 12 soal, 40 menit

Penggalang, untuk siswa SMP : 15 soal, 45 menit

Penegak, untuk siswa SMA : 15 soal, 45 menit

Tantangan Bebras untuk siswa SD/SMP/SMA di Indonesia akan digelar oleh Bebras Indonesia pada bulan November minggu kedua, melalui computer secara online.

MTs Negeri Semarang termasuk mitra baru Bebras Indonesia, sangat tertantang menyiapkan siswa siswi nya untuk mengikuti lomba yang akan diadakan pada 8 s/d 13 November 2020 tersebut.

Adapun tujuan dari tantangan Bebras adalah :

 

Melatih kemampuan problem solving siswa MTs Negeri Semarang, khususnya kemampuan computational thinking yang meliputi  (untuk pendidikan K-12) :

- Formulasi persoalan  sehingga dapat diselesaikan dengan bantuan komputer atau alat yang lain.

- Dapat mengorganisasi dan menganalisis data secara logik

- Berlatih pemodelan dan simulasi

- Memberikan solusi melalui cara berfikir algoritmik

- Identifkasi, analisis, dan implementasi  solusi yang mungkin  dengan tujuan memperoleh solusi terbaik untuk suatu persoalan

 

- Generalisasi dan penerapan cara pemecahan masalah untuk berbagai persoalan lain yang mirip.

 

Terakhir Diperbaharui ( Sabtu, 13 November 2021 01:05 )
 
joomla templateinternet security reviews

Kalender

November 2021
MTWTFSS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930 

Waktu Sekarang

Polling

Bagaimana sistem pendidikan di MTsN Susukan