MATSAMA MTs NEGERI SEMARANG 2021/2022

PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sugiyanto, S.Kom   
Sabtu, 17 Juli 2021 00:10

Pendemi covid19 sudah memasuki tahun ke-2 pandemi yang meluluh lantakan berbagai bidang kehidupan di Indonesia. Salah satu imbasnya di dunia pendidikan, sampai saat ini aktifitas yang dilakukan di sekolah atau Madrasah di lakukan secara pembelajaran daring. Dengan kata lain, pembelajaran daring adalah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). Seiring dengan masuknya tahun pelajaran baru 2021/2022 maka bagi peserta didik baru tentu akan menjalani pengenalan lingkungan pendidikan yang baru melalui serangkaian kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama). Tahun ini MTsN Semarang menerima murid baru sebanyak 322 anak dengan rincian 126 anak laki-laki dan 196 anak perempuan. Matsama sendiri merupakan suatu serangkaian kegiatan pengenalan lingkungan madrasah kepada peserta didik baru. Pengenalan itu meliputi kegiatan rutin madrasah, fasilitas, nilai dan norma yang berlaku, pengenalan organisasi, sistem pembelajaran, karakter, budaya serta pengenalan civitas madrasah. Matsama tahun 2021 ini masih menggunakan aplikasi Zoom Meeting yang diikuti oleh 322 siswa-siswi baru, dipandu oleh guru sebagai penyelenggara.

MTsN Semarang tahun pelajaran 2021/2022 menggelar MATSAMA melalui virtual zoom dari tanggal 12 Juli 2021 untuk gladi bersih penggunaan aplikasi zoom, tanggal 13 s/d 15 Juli 2021 merupakan acara inti MATSAMA berlangsung selama 2 jam mulai jam 08.00 – 10.00 WIB. Acara ini dilaksanakan secara virtual Mengingat kondisi pandemi covid 19 di Indonesia yang cukup tinggi berbarengan pemerintah sedang memberlakukann kegiatan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

Kegiatan Matsama di MTsN Semarang diikuti oleh 322 siswa, terbagi atas 10 kelompok yang masing-masing kelompok didampingi oleh 1 guru pamong dan lab. komputer MTsN Semarang Kab. Semarang menyiapkan   2 server untuk memudahkan pelaksanaan Matsama sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.


Dalam kegiatan MATSAMA ini Kepala MTsN Semarang Dr. Hidayataun, S.Ag, M.Pd menyampaikan visi dan misi  MTsN Semarang kepada seluruh siswa-siswi baru, agar mewujudkan peserta didik yang qur’ani, berprestasi, mandiri, dan berwawasan lingkungan. Kepala MTsN Semarang secara garis besar menekankan kepada siswa siswi baru yaitu :

 

  • 1. Untuk Menanamkan pembiasaan bersikap sidiq, amanah, tabligh, dan fatanah
  • 2. Mengoptimalkan proses belajar dan bimbingan selama pandemi covid19
  • 3. Mengembangkan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan  minat, bakat, dan potensi peserta didik
  • 4. Memaksimalkan potensi siswa melalui lomba bidang akademik dan non akademik
  • 5. Melakukan pembimbingan budaya cinta lingkungan hidup
  • 6. Menjalin kerja sama yang harmonis antarwarga sekolah dan lembaga lain yang terkait dengan lingkungan hidup

 

Selaku ketua panitia MATSAMA tahun ini Agus Santoso, S,Pd, M.Pd juga menyampaikan Langkah- langkah teknis pelaksanaan Matsama menggunakan aplikasi zoom melalui hp android, laptop maupun PC. Yang semuanya harus terhubung dengan internet dan didampingi oleh masing-masing pamongnya maka usai peserta sudah siap hadir 15 menit sebelum acara dimulai, para pamong akan membagikan link akses meeting zoom. Dan selama pelaksanaan, seluruh peserta wajib hadir secara online, mengenakan seragam asal sekolah dengan rapi dengan tertib dan disiplin mengemban tugas dan jika peserta tidak dapat mengikuti Matsama tahun ini, wajib mengikuti kegiatan yang sama di tahun pelajaran berikutnya.

Hari pertama pelaksanaan Matsama berjalan dengan lancar meski kendala masih dihadapkan pada sulitnya peserta untuk mengakses kegiatan karena terbatasnya sinyal maupun kuota yang terbatas. Kegiatan ini juga dibimbing 10 Guru Pamong dan panitia Matsama yang bertugas dengan baik, semua peserta Matsama mengikuti kegiatan daring sesuai jadwal. Kepala MTsN Semarang Dr. Hidayatun, S.Ag, M.Pd dalam sambutannya melalui live streaming di acara pembukaan Matsama daring berharap, semoga pelaksanaan Matsama ini berjalan dengan lancar sampai di hari penutup meskipun dalam situasi pandemi covid-19 .Pelaksanaan Matsama hari pertama ini akan dievaluasi untuk hari ke-2 dan ke-3 agar segala kendala di hari pertama pelaksaan dapat diminimalisasikan.

“Semoga melalui kegiatan inilah dapat menjadi  langkah awal untuk semua peserta didik baru di MTsN Semarang dalam menentukan keberhasilan seluruh proses pembelajaran di madrasah tercinta, walau dimasa pandemi covid19 ini juga belum ada tanda-tanda berakhir”, harap Kepala MTsN Semarang sebagai penutup. (Sugiyanto-Susukan)


Terakhir Diperbaharui ( Sabtu, 17 Juli 2021 05:13 )
 
joomla templateinternet security reviews

Kalender

November 2021
MTWTFSS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930 

Waktu Sekarang

Polling

Bagaimana sistem pendidikan di MTsN Susukan