Siswa Siswi MTs Negeri Susukan Gelar Manasik Haji

PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sugiyanto, S.Kom   
Senin, 29 Mei 2017 14:12

SUSUKAN Kab. Semarang - Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Manasik haji juga diperlukan guna memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci. Manasik haji sangat bermanfaat bagi para calon jamaah haji, karena setelah melaksanakan manasik haji, para calon jamaah haji akan dapat memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan ibadah haji nantinya. Para calon jamaah haji juga mempelajari budaya, bahasa, dan kondisi alam di Arab Saudi.


Oleh karena itu, pada hari sabtu tanggal 20 Mei 2017 Ratusan orang pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Susukan Kab. Semarang, khususnya kelas 8 melakukan praktik manasik haji di areal lapangan Kec. Susukan. Para pelajar kelas 8 sudah berkumpul di sekolah sejak pagi. Mereka berkumpul sesuai dengan 'kloter' yang telah ditentukan. Ratusan pelajar kemudian menuju ‘bandara’ tiruan yang disiapkan, dan selanjutnya mereka ‘terbang’ ke tanah suci. Mereka kumpul di lokasi atau ‘miniatur’ padang Arafah untuk melakukan wukuf. Tak hanya itu, praktik manasik disambung ‘bermalam’ di Muzdalifah, melempar jumrah, tahalul, thawaf atau mengelilingi kaabah, hingga sa'i atau berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwa.


Kepala MTs Negeri susukan Hj. Hidayatun, S.Ag, M.Pd mengatakan bahwa “Latihan manasik haji itu sengaja ia gelar sebagai media pembelajaran yang empiris”,  yakni agar anak didiknya bisa merasakan secara langsung pelaksanaan ibadah haji.

"Belajar dengan praktik langsung, apalagi masih anak-anak, akan lebih mengena karena memori masih kuat untuk merekam adegan per adegan. Insya Allah, ketika besar mereka masih ingat cara-cara berhaji. Selain itu, juga menumbuhkan niat yang lebih kuat menunaikan ibadah haji ketika mereka dewasa nanti," katanya.

Manfaat Manasik Haji :

1. Dapat Mengetahui Tentang doa-doa sunah mulai dari keluar rumah untuk melaksanakan ibadah haji sampai kembali ke Indonesia dari Makkah.

2. Dapat memberikan pemahaman mana yang wajib, rukun, sunah, dan haram saat melaksanakan ibadah haji.

3. Dapat Mengetahui kondisi Makkah dan Madinah yang akan berguna untuk persiapan ibadah haji nantinya.

4. Dapat saling mengenal jamaah lain sehingga saat di Makkah dapat saling membantu.

5. Diajarkan Bahasa Arab untuk percakapan ringan di Makkah nantinya.

Semoga kita diberikan rezky untuk dapat melaksanakan ibadah haji.

Terakhir Diperbaharui ( Senin, 29 Mei 2017 14:37 )
 
joomla templateinternet security reviews

Kalender

October 2017
MTWTFSS
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031 

Waktu Sekarang

Polling

Bagaimana sistem pendidikan di MTsN Susukan