PAWAI TAARUF MENYAMBUT BULAN RAMADAN 1445 H MTsN SEMARANG KAB. SEMARANG

PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Sugiyanto   
Minggu, 10 Maret 2024 00:33

Susukan Kab. Semarang (Humas) - Sebanyak ± 1.300 peserta didik mengikuti Pawai Ta’aruf sambut bulan Ramadhan 1445 Hijriah,  Sabtu (9/3/2024). Acara ini diikuti oleh sejumlah elemen, diantaranya Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah sekitar kecamatan Susukan Kab. Semarang.

Apa yang dimaksud dengan pawai taaruf? Pawai ta'aruf atau bisa juga disebut kirab ta'aruf adalah perayaan menyambut kegiatan Islam. Biasanya kota-kota di Indonesia memeriahkan perayaan ini dengan cara berkeliling dalam kelompok-kelompok yang telah direncanakan secara bergantian dalam satu waktu.

Tujuan dari Pawai ta’aruf Ramadhan ini adalah sebagai sarana silaturahmi antar sesama dan untuk memotivasi peserta didik agar  lebih banyak bersyukur dan bersabar menghadapi berbagai permasalahan dan perubahan yang terjadi saat ini dan yang akan datang. Karena bulan Suci Ramadhan mempunyai arti tersendiri karena dibulan ini penuh dengan rahmat, maghfiroh dan ampunan dari Allah SWT.

Sebelum melepas pawai Taaruf Ramadan, Kepala Madrasah Muh. Muslimin, S.Ag, M.Pd dalam sambutan pembukaannya menuturkan substansi acara Pawai Taaruf sebagai momentum sosial, yaitu bagaimana dengan pawai ini kerukunan persaudaraan ukhuwah islamiyah, ukhuwah bazariah dan ukhuwah wathoniah terjalin. Kegiatan Pawai Taaruf ini juga diminta bisa mengangkat nilai-nulai kultural, yakni membangun budaya dan perilaku agar terbiasa menyambut datangnya ramadhan ini dengan rasa bergembira,  tidak bersedih, harus bersyukur, semangat, dan punya gairah. “Barang siapa, seseorang menyambut bulan Ramadan dengan hati yang senang dan gembira, maka jasadnya akan diharamkan disentuh oleh api neraka”. Oleh karena itu kita harus  menyiapkan jasmani dan rohani kita agar bisa melaksanakan ibadah puasa sebagaimana perintah dari Al Quran (Surat Al-Baqarah ayat 183).

Pawai meliputi area wilayah Kecamatan Susukan sekitarnya dengan membagikan kupon doorprize di setiap titik jalan yang dilalui peserta pawai. Dalam kegiatan Pawai ta’aruf Ramadhan dimeriahkanjuga dengan berbagai macam hiburan dari siswa siswi MTsN Semarang diantaranya Rebana Mambaul hidayah, pagelaran gending-gending jawa dan pertunjukan musik. Berbagai macam doorprize untuk memeriahkan kegiatan ini diantaranya adalah : 1 hadiah utama sepada gunung, 1 voucher khitan gratis, kipas angin, dispanser dan lain-lain. (Sgto/Bs)


Terakhir Diperbaharui ( Minggu, 10 Maret 2024 00:56 )
 
joomla templateinternet security reviews

Kalender

April 2024
MTWTFSS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930 

Waktu Sekarang

Polling

Bagaimana sistem pendidikan di MTsN Susukan